Monday 23 November 2015

Pengaruh Kelengkapan Pengisian Formulir Persalinan Terhadap Kualitas Kodifikasi



BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang Penelitian
Rumah Sakit adalah suatu organisasi melalui tenaga medis professional yang terorganisasi serta sarana kedokteran yang permanen menyelenggarakan pelayanan kedokteran, asuhan keperawatan yang berkesinambungan, diagnosa serta pengobatan penyakit yang diberikan oleh pasien. Rekam Medis merupakan bukti tertulis mengenai proses pelayanan yang diberikan kepada pasien oleh Dokter dan tenaga kesehatan lainnya, yang mana dengan adanya bukti tertulis tersebut maka Rekam Medis yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan. Sesuai pasal 3 dan 4 Permenkes RI No.269/Menkes/Per/III/2008 tentang Rekam medis sangat tergantung pada Dokter sebagai penentu diagnosis, karena hanya profesi dokterlah yang mempunyai hak dan tanggung jawab untuk menetapkan diagnosis.

Sebelum petugas menetapkan penulisan kode diagnosis penyakit, petugas Rekam Medis yang bertugas menetapkan kode diagnosis dari dokter diharuskan mengkaji data rekam medis pasien untuk menentukan kekurangan kekeliruan, atau terjadi kesalahan, sehingga kelengkapan isi rekam medis merupakan persyaratan untuk menentukan kode diagnosis oleh petugas rekam medis. Kelengkapan data rekam medis sangat tergantung pada dokter sebagai penentu diagnosis dan petugas rekam medis sebagai pengkaji kelengkapannya.
Untuk mendapatkan data yang akurat dalam koding ICD-10 sangat tergantung pada pemahaman dan kedisiplinan tenaga medis dalam merekam seluruh data dan informasi terkait pemeriksaan dan pemberian pelayanan terhadap pasien, serta kualifikasi tenaga koding dalam menentukan dan menghasilkan kode, baik kode diagnosis penyakit, tindakan operatif, dan lain-lain. Kualitas koding dan prosedur medis dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor utama tentunya petugas koding yang menentukan kode diagnosis dan prosedur berdasarkan data yang ada dalam dokumen rekam medis. Karakteristik koder berpengaruh terhadap kualitas koding yang dihasilkan, antara lain: latar belakang pendidikan, pengalaman dan lamanya kerja,serta pelatihan-pelatihan lain yang terkait. Faktor lain adalah dokter yang menuliskan diagnosis dan prosedur yang dilakukan : kelengkapan berkas dalam dokumen rekam medis, sarana dan prasarana koding, serta kebijakan terkait koding yang dikeluarkan oleh rumah sakit.
Mengingat pentingnya kualitas kode data klinis dalam dokumen rekam medis terlebih mengingat pemanfaatannya yang digunakan di berbagai bidang, mulai dari perencanaan dan pengelolaan rumah sakit, kepentingan riset klinik dan pengembangan kebijakan kesehatan oleh pemerintah daerah, maka peneliti bermaksud melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kualitas kode diagnosis di rumah sakit. Kelengkapan Pengisian Formulir rekam medis ruang persalinan masih ditemukan form tidak terisi lengkap dengan melihat ketidaklengkapan dokumen Rekam Medis, sedangkan hal tersebut dapat menghambat dan berpengaruh pada Pengisian Form Rekam Medis sehingga peneliti melakukan penelitian mengenai “Pengaruh Kelengkapan Pengisian Formulir Persalinan Terhadap Kualitas Kodifikasi Di RSUD dr. Soedirman Kebumen”.

1.2    Pokok Permasalahan
Sesuai dengan judul Tugas Akhir  pokok permasalahan yang diambil dari pengamatan adalah Pengaruh  Kelengkapan Pengisian Formulir Persalinan Terhadap Kualitas Kodifikasi Di RSUD dr. Soedirman Kebumen.

1.3    Pertanyaan Penelitian
Latar belakang permasalahan yang telah diuraikan di atas dapat ditarik pertanyaan penelitian yang akan dibahas, yaitu :
a.         Bagaiman kelengkapan pengisian formulir persalinan di RSUD dr. Soedirman Kebumen ?
b.         Bagaimana kualitas kodifikasi yang di RSUD dr. Soedirman Kebumen ?
c.         Bagaimana Pengaruh Kelengkapan Pengisian Formulir Persalinan Terhadap Kualitas Kodifikasi Di RSUD dr. Soedirman Kebumen ?

1.4    Tujuan Penelitian
1.         Tujuan Umum
Untuk mengetahui Pengaruh Kelengkapan Pengisian Formulir Persalinan Terhadap Kualitas Kodifikasi Di RSUD dr. Soedirman Kebumen.
2.         Tujuan Khusus
a.              Untuk mengetahui gambaran isi formulir yang lengkap dan tidak lengkap Di RSUD dr. Soedirman Kebumen
b.             Untuk mengetahui masalah-masalah yang terkait dengan pelaksanaan pengisian Formulir persalinan di RSUD dr. Soedirman Kebumen.
c.              Mengetahui upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah dalam pengisian Formulir persalinan di RSUD dr. Soedirman Kebumen.

1.5    Manfaat Penelitian
1.         Bagi Rumah Sakit
          Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai Pengisian Formulir persalinan di RSUD dr. Soedirman Kebumen dalam pengelolaan Rekam Medis yang sesuai dengan kebutuhan dan prosedur Rumah Sakit sehingga menunjang terjadinya pelayanan yang tertib dan terkendali. 
2.    Bagi Akademik
            Menambah wawasan, pengetahuan, pengalaman, dan teori tentang pengisian Formulir persalinan di RSUD dr. Soedirman Kebumen.
3.    Bagi Mahasiswa
            Untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengalaman penulis tentang pengisian Formulir Persalinan di RSUD dr. Soedirman Kebumen.

0 comments:

Post a Comment