Tuesday, 10 March 2015

Contoh Praktek Kerja Lapangan di Salon

Ilmu adalah keindahan, dan mencari ilmu adalah kewajiban, salah satu yang umum di lakukan di masyarakat adalah dengan bersekolah, sebagai sarana belajar mengajar. Anak didik wajib menuruti apa yang diperintahkan oleh gurunya jika hal tersebut tidak melanggar etika/hukum, salah satu tugas yang biasa di berikan oleh seorang guru terhadap anak didiknya adalah membuat Praktek Kerja Lapangan (PKL).
kali ini penulis akan memberikan contoh Praktek Kerja Langsung Anak SMKdalam bidang kecantikan (Salon).Semoga bermaanfaat bagi para pembaca dan bisa di jadikan sebagai sumber referensi. langsung saja berikut adlah contohnya:


LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN
DI
MUSTIKA SALON

Dalam rangka memenuhi  salah satu syarat untuk
Memenuhi uji kompetensi

Disusun dan di ajukan oleh:
MAKHMUDAH

Disahkan
Pada tanggal:



Pembimbing I                                                                      Pembimbing II
(Pihak Du/Di)                                                                  (Guru Pembimbing)

Decky Saputro                                                                        Andian Anggreini Mulyono

Mengetahui
Kepala sekolah SMK Mutiara Kebumen

Nur Khasanah Zahro, S.Pdsi


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat  menyelesaikan laporan hasil  pelaksanaan praktek kerja industry (Prakerin) sesuai ketentuan  walau masih sangat sederhana.
Laporan pelaksanaan praktek (Prakerin) yang telah penulis susun ini, di buat sebagai syarat mutlak  untuk dapat menyelesaikan  praktek kerja  industry (Prakerin) sesuai dengan tuntunan  kurikulum dan untuk dapat memperoleh nilai praktek kejuruan selama mengikuti prakerin.
Karya ini bukan hasil pribadi melainkan berkat bantuan beberapa pihak sehingga penulis dapat menyelesaikan  prakerin dan dapat menyusun laporan ini. Berkaitan  dengan hal tersebut , penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1.      Bpk Ky  H. Sufyan Al-Hasani  selaku ketua yayasan
2.      Ibu Nur Khasanah Zahro S.Pdsi, selaku kepala Sekolah SMK Mutiara Kebumen
3.      Bpk Joko Parpurno,S.PdI selaku ketua panitia
4.      Ibu Aridian Anggraini Mulyono, selaku Ketua Jurusan
5.      Ibu Ayu Muntasiroh selaku furu maple tata kecantikan kulit kelas XI
6.      Bapak/Ibu guru SMK Mutiara Kebumen yang senantiasa mendidik, menasehati, member motivasi, inovasi, dan membimbing penulis sehingga  mampu menyelesaikan laporan ini.
7.      Mas Decky Saputro, Selaku pimpinan (Intasi/ Industri)
8.      Kedua orang tua penulis yang telah  mendidik, membesarkan  dan telah  banyak mencucurkan keringat serta turut berdoa untuk keberhasilan study penulis.
Penulis menyadari bhwa laporan ini masih jauh dari  keberhasilan, kesempurnaan oleh karena itu penulis  mengharap kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini. Penulis berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi dunia usaha dan pembaca.

DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN 1
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
BAB I PENDAHULUAN 4
A.      Pendahuluan 5
B.      Latar Belakang 6
C.      Tujuan 2
D.      Manfaat 3
BAB II HASIL 4
A.      Pendahuluan 5

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Laporan ini disusun berdasarkan syarat untuk memenuhi nilai pada kegiatan prakerin yang diselenggarakan  oleh SMK Mutiara Kebumen. Kegiatan prakerin merupakan kegiatan resmi  tahunan yang diselenggarakan  di setiap SMK.
Praktek kerja industry (Prakerin) merupakan bagian  dari program pembelajaran  yang harus dilakukan oleh setiap  peserta  didik di dunia kerja,sebagai wujud nyata dari pelaksanaan system pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Program  prakerin disusun bersama antara sekolah dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik agar dapat menambah wawasan pengalaman dan ilmu siswa tersebut. Penulis sebagai peserta prakerin mengakui program ini sangat membantu dalam  rangka pengembangan  potensi penambah wawasan.
Penulis berharap dengan adanya program ini dapat menjadi bekal pembelajaran  di era globalisasi dunia yang kian makin hari makin melesat luas dan mampu menjadi manusia yang bermanfaat bagi bangsa  dan Negara, sehingga menjadi generasi muda yang dapat di banggakan oleh nusa dan bangsa.

B.     Tujuan
Pada dasarnya tujuan prakerin itu sama yaitu membentuk  profisionalitas calon tenaga kerja. Profesionalitas mencakup tiga kompetensasi yaitu : kompetensi profisional, personal, dan social.
Penyelenggaraan praktek kerja industry (prakerin) bertujuan untuk :
Ø  Menuntut kemampuan kompetensi jurusan  yang di peroleh dalam proses pembelajaran di sekolah dan praktek di lapangan.
Ø  Meningkatkan kualitas kejuruan yang membutuhkan ketrampilan, keahlian, kreatifitas, enofatif dan etos kerja sehingga mampu membekali  peserta prakerin.
Ø  Menguasai dan mampu menerapkan berbagai  ketrampilan kejuruan yang telah di perolehnya.
Ø  Praktek di DU/DI.
Ø  Memperoleh hubungan keterkaitan dan kewaspadaan antara SMK dan Industri.

C.    Manfaat
Ø  Menambah wawasan, memperoleh  pengalaman dan meningkatkan kemampuan kompetensi jurusan yang di dapat selama prakerin di lapangan
Ø  Memanfaatkan keahlian tata kecantikan dalam masyarakat.
Ø  Untuk kepentingan pendidikan  dan latihan  dapat di peroleh ketrampilan membuat laporan yang cepat dan tepat.



BAB II
PROFIL DUNIA KERJA

A.    Identitas Dunia Kerja
Nama DU/DI                          : Mustika Salon
Alamat                                     : Jl. Raya Prembun No.231
Telephone                                : 085 292 669 232
Nama Pemilik DU/DI             : Decky Saputro
Pembimbing                            : -    Septian
-          Uchi
-          Mas Eko

Tanggal mulai kerja     : 01 Juli 2014
Tanggal selesai kerja    : 05 September 2014

Sejarah Salon
Pada tahun 1990 berdirilah sebuah salon Mustika yang beralamat di  Jalan raya Prembun No.231, tepatnya di depan pasar kebekelan. Yang mendirikan adalah seorang wanita cantik yang bernama Ibu Ismiyati. Dulu ia hanya bekerja dengan orang lain  sebagai karyawan di kutowinangun selama kurang lebih  2 tahun. Kemudian beliau pindah dan kerja dengan kakaknya  di Garmen dari tahun 1988 sampai tahun 1990.
Setelah ikut dengan kakaknya  kemudian beliau mendirikan  salon sendiri di prembun yang di beri nama Mustika Salon. Beliau juga pernah membuka cabang  di kebumen, di Jalan H.M. Sarbini Sekitar 2 Tahun. Beliau juga pernah membuka cabang di berbagai tempat di Klanteng dan Kutoarjo, karena tidak di pegang langsung oleh beliau  jadi salon tersebut  tidak bertahan lama, dari beberapa karyawan  yang pernah iktu kerja dengannya ada beberpa yang sudah  mandiri dan mendirikan  salon sendiri, di antaranya: Denis Salon, Noni Salon, dan Gita Salon.
Pada tahun 2012 beliau membuka cabang lagi di prembun tepatnya di sebelah barat pasar  prembun yang di beri nama Mustika II salon. Kemudian Mustika I Salon di serahkan kepada anak laki-laki pertamanya  yang bernama Decky  Saputro. Dan beliau  sendiri memegang Mustika II salon, hingga sekarang.
Jenis produk yang sering digunakan di mustika I salon adalah kelas menengah ke atas seperti Matrix, Makarizo, Inaura, La tulipe, dan Sari Ayu. Untuk pewarnaan rambut kebanyakan menggunakan produk Matrix, dan untuk facial menggunakan produk La Tulipe. Di mustika I salon juga menjual berbagai macam produk kecantikan.

B.     Kegiatan Usaha
Selama di salon kegiatan yang dilakukan yaitu :
·         Menjual berbagai produk kecantikan

C.    Pembahasan
Kegiatan prakerin wajib di laksanakan bagi pelajar SMK, penyusun laporan juga wajib di buat oleh peserta prakerin setelah selesai kegiatan prakerin.
Kegiatan prakerin member banyak manfaat bagi pelajar SMK selama prakerin penulis banyak melakukan kegiatan seperti perbuatan yang meliputi facial, creambath, hair mask, manicure, nail alrt, mencuci rambut, dan  mengerigkan rambut, catok dan rebonding. Berikut ini teknik perawatan dan perawatanya.

a.      Facial
Teknik/Langkah perawatanya.
1.    Persiapan area kerja
2.    Persiapan alat, bahan, dan perlengkapan lainya
3.    Persiapan klien
4.    Membersihkan wajah dengan susu pembersih yang sesuai dengan kulit wajah.
a.          Diagnosa
b.          Membersihkan dengan facial wash
c.          Pengolesan pealing
d.        Melakukan massage, gerakan massage meliputi : effleurage (mengusap),vibratie (menggetar). (friction (rotasi dan memutar) tapotage (menepuk), petisage (meremas-remas, melingkar)
e.          Mengambil komedo/jerawat jika ada
f.           Masker
g.          Memberikan penyegaran dan pelembaban

b.      Manicure
Manicure adalah tindakan perawatan tangan yang meliputi perawatan tangan dan kuku yang menggunakan kosmetik khusus.
Teknik perawatan:
a.       Membersihkan tangan
b.      Melakukan diagnose tangan
c.       Membentuk kuku dan mengikir kuku
d.      Merendam danmenyikat kuku
e.       Membersihkan kulit arid an kulikula (jaringan sekita kuku)
f.       Melakukan massage tangan, dan lengan.



Tujuan perawatan tangan:
a.       Untuk meningkatkan penampilan tangan dan kuku sehingga enak di pandang mata
b.      Menjaga kesehatan jari-jari tangan dan kuku
c.        
c. Rebonding
Rebonding merupakan pelurusan yang di khususkan untuk rambut yang
Ikal
Teknik/langkah-langkah rebonding:
a.       Analisis rambut
b.      Pencucian rambut dengan samphoo tanpa conditioner
c.       Keringkan rambut dengan hair hingga 70 Persen kering, semprotkan anti fress
d.      Parting rambut menjadi empat bagian oleskan crem (step 1)
e.       Peresepan awal, diamkan agar crem step 1 meresap
f.       Smooting, gunakan tehnik pres (jepit) dengan jari tengah dan jari telunjuk secara perlahan, lakukan maksimum 3 kali.Pengambilan ketebalan rambut tidak boleh lebih dari 1 cm, supaya rambut bisa lurus merata.
g.      Peresapan akhir, diamkan kurang lebih 5 menit untuk peresapan akhir dan penetapan hasil pelurusan, kemudian bilas rambut tanpa sampoo dan kondisioner, keringkan hingga 50 persen .
h.      Dicatok, semprotkan vitamin sebelum di catok
i.        Pendinginan, diamkan rambut untuk pendinginan setelah pencatokan 5-10 menit
j.        Neutralizing, oleskan crem step 2 pada rambut selepis demi selapis diamkan 15-20 menit
k.      Pembilasan, bilas rambut dengan menggunakan kondisioner, pijat perlahan 1-2 menit kemudian bilas dengan bersih.
l.        Di catok, semperotkan vitamin sebelum di catok, catok kedua merupakan catokan kerapian saja.

BAB III
HASIL PRAKERIN DAN PEMBAHASAN

A.    Waktu Pelaksanaan Prakerin
Prakerin siswa SMk  Mutiara Kebumen tahun 2014/2015 di laksanakan  selama dua bulan penuh, mulai tanggal 1 Juli 2014 sampai 5 September 2014.

B.     Metode
Metode pembelajaran prakerin di salon mustika dengan menggunakan metode  langsung kepada karyawan  atau antar peserta prakerin. Setelah peserta prakerin mampu menguasai apa yang di ajarkan baru mempraktekan pada pelanggan.

C.    Kegiatan Yang di Lakukan
Di bawah ini merupakan kegiatan penulis sebagai peserta prakerin  selama dua bulan :
Ø  Membersihkan Area Kerja
Ø  Melakukan Facial
Ø  Melakukan Creambath
Ø  Melakukan Hairmask
Ø  Melakukan Manicure
Ø  Melakukan Pedicure
Ø  Mencuci Rambut
Ø  Mencatok Rambut
Ø  Nail Ort
Ø  Rebonding
Ø  Henna
Ø  Menjual Produk Kecantikan
Untuk lebih jelas dan rinci kegiatan penulis selama prakerin pembaca dapat melihat di buku jurnal.

D.    Permasalahan dan Kendala
Ø  Tegangan listrik tidak kuat, sehingga mengganggu proses perawatan.
Ø  Catok sering eror/ rusak.



BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
 dua bulan manjalani kegiatan prakerin penulis banyak mendapatkan pengalaman  dunia kerja dan berbagai ilmu kecantikan, prakerin menghasilkan pengalaman tentang manfaat, siswa menjadi lebih terampil, professional, dan dapat mengembangkan bakat serta media untuk menuangkan ilmu yang di dapat selama di sekolah.

B.     Saran
waktu yang akan datang prakerin supaya dilakukan tidak hanya du bulan saja, supaya wawasan yang diproleh lebih luas. Persiapan prakerin dengan mungkin, saat prakerin hendaknya di lakukan dengan sungguh-sungguh.Manfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin karena prakerin merupakan bakal setelah lulus nanti untuk terjun ke DII/DI.

0 comments:

Post a Comment