Sunday 26 October 2014

Contoh Hukum Perdata Berdasarkan Sistematika Hukum Perdata



Hukum perdata adalah hukum yang mengatur hubungan antara perorangan dalam masyarakat. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dibagi dalam 4 buku dengan sistematika sebagai berikut:
  • Buku pertama berisi pengaturan mengenai orang.
  • Buku kedua berisi pengaturan mengenai benda.
  • Buku ketiga berisi pengaturan mengenai perikatan.
  • Buku keempat berisi pengaturan mengenai pembuktian dan daluwarsa.
Berdasarkan materi pengaturan yang terkandung dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tersebut diatas, tampak bahwa materi pengaturan dalam hukum perdata sangat luas. Contoh hukum perdata tidak hanya sekedar yang berkaitan dengan sengketa tanah karena sengketa dalam suatu perjanjian juga termasuk dalam contoh hukum perdata.
Conttoh hukum perdata berdasarkan materi pengaturan dalam buku pertama adalah mengenai persyaratan seseorang sehingga dianggap cakap melakukan perbuatan hukum. Contoh hukum perdata yang termasuk di dalamnya adalah pengaturan mengenai perkawinan, namun mengenai perkawinan telah diatur secara lebih spesifik dalam Undang-Undang Tentang Perkawinan.
Contohh hukum perdata berdasarkan pengaturan dalam buku kedua adalah hak milik atas benda. Termasuk di dalamnya pengaturan mengenai pembagian warisan.
Contoh hukuum perdata berdasarkan pengaturan dalam buku ketigaƂ  adalah wanprestasi dalam suatu perjanjian karena buku ketiga mengatur tentang perikatan yang didalamnya diatur tentang hak dan kewajiban seseorang dalam suatu perikatan.
Conntoh hukum perdata berdasarkan pengaturan dalam buku keempat adalah alat-alat pembuktian dalam hukum perdata serta akibat-akibat hukum yang timbul dari daluwarsa tersebut.

0 comments:

Post a Comment