Saturday 12 April 2014

TEKS NEGOSIASI(tentang ekonomi)



PENJUALAN PECI KE DAERAH LAIN
 

            Sebuah pabrik yang membuat beberapa peci. Pabrik itu didirikan oleh Bp. H. Khairul charily yang dulunya berasal dari keluarga sederhana, beliau hanya lulusan SMP dan beliau tidak meneruskan ke sekolah yang lebih tinggi. Akhirnya beliau mempunyai ketekadan untuk mengikuti jejak orang tua beliau yaitu membuat peci.  Setelah beliau sudah berkeluarga , beliau mendirikan pabrik peci sendiri di daerahnya. Karyawan yang bekerja di pabrik beliau adalah orang – orang dari daerahnya beliau. Karyawan itu idak tinggi sekolahnya tetapi mempunyai bakat dalam pembuatan peci.
            Peci yang dibuat pabriknya beliau tidak terkenal disekitar daerahnya beliau saja, tetapi juga kelain provinsi. Peci itu memang penting karena masyarakat di Indonesia itu banyak yang beragama islam. Jadi, peci itu digunakan untuk melengkapi ibadah sholat bagi kaum laki – laki. Walaupun peci buatan perusahaan Bp. H. Khairul Charil itu sederhana tetapi banyak juga yang meminatinya/menginginkannya.
            Memang banyak persaingan dalam pembuatan peci karena semakin majunya zaman dan alat – alat yang semakin canggih. Maka dari itu, Bp. H. Khairul Charil tidak ingin kalah saing dengan perusahaan lain. Beliau juga berusaha agar pabrik pecinya beliau tetap berkembang dengan menggunakan bahan – bahan yang awet. Beliau juga berusaha untuk menawarkan ke supermarket atau mini market. Negosiasi dalam cara penawaran Bp. H. Khairul Charil ke supermarket dengan menemui yang mempunyai perusahaan itu. Beginilah cara Bp. H. Khairul Charil menawarkannya :
Penjual            : assalamualaikum (sambil membuka pintu)
Perusahaan      : waalaikum salam.
  Silahkan duduk Bapak . (menudingkan tempat duduk )
Penjual                        : terima kasih pa.(sambil duduk)
Perusahaan      : ada tujuan apa Bapak datang ke perusahaan saya ?
Penjual            : begini Pa, Saya datang kesini bermaksud untuk menawarkan peci dari pabrik saya. Saya ingin mengajak perusahaan ini bekerja sama.
Perusahaan      : apakah Bapak membawa beberapa peci hasil kerjanya ?
Penjual                        : tentu saya membawanya.(mengambil dan memberikan orang yang di depannya)
Perusahaan      : (melihat dengan teliti peci itu). Iya peci ini walaupun sederhana tam
pilannya tetapi mempunyai daya tarik yang yang bagus yaitu bahannya bagus, jahitannya rapi, dan teliti membuatnya.(mengamati peci itu)
Penjual                        : saya menjual peci ini sesuai dengan nomernya pa.                                                               Dari yang terkecil sampai yang besar itu berkisar dari Rp.35.000,00 sampai Rp.65.000,00.
Perusahaan      : baik pa, saya setuju dengan bergabung bersama perusahaan Bapak. (mengacungkan tangan untuk bersalaman)
Penjual            : terimakasih pa, telah bergabung dengan perusahaan kami.(bersalaman).                               Kalau begitu saya pamit dulu pa.
Perusahaan      : sama – sama. (sambil mengantar ke depan)
Penjual            : wasalamualaikum.
Perusahaan      : waalaikumsalam.

0 comments:

Post a Comment