Sunday 2 February 2014

MAKALAH TEKNOLOGI INFORMATIKA DAN KOMUNIKASI



Kata Pengantar
                                                                             
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga  makalah yang berjudul “Makalah Ringkasan Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Akhirnya sudah sampai pada hasil yang saya harapkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.
Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada pihak – pihak yang telah banyak membant umenyempurnaka nmakalah yang berjudulMakalah Ringkasan Materi Teknologi Informasi dan Komunikasiini. Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu untuk kritik dan sarannya sangat di harapkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan saya ucapkan mohon maaf apabila dalam pembuatan makalah ini ada kata yang tidak di harapkan atau tidak berkenan bagi pembaca .



KEBUMEN , 23 Desember 2013


Penulis



                                                                  DAFTAR ISI                   

HALAMAN JUDUL............................................................................................................. 1
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... 2
DAFTAR ISI......................................................................................................................... 3
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................. 4
A. Latar Belakang.......................................................................................................... 4
B.  Perumusan Masalah................................................................................................... 5
C.  Tujuan........................................................................................................................ 5
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................... 6
A. Pengantar Teknologi Informatika....................................................................... 6..
B. Sistem Komputer................................................................................................. 8..
C. Permasalahan Pada Sistem Komputer............................................................... 10
D. Aplikasi Dasar Komputer.................................................................................. 13..
E. Virus.................................................................................................................. 14..
F. Jaringan Komputer Dan Internet....................................................................... 15
G. Aplikasi Dasar Internet..................................................................................... 17..
H. Pembuatan Blog................................................................................................ 18..
I. E-Media Untuk Pembelajaran............................................................................ 23..
J. E-Learning.......................................................................................................... 25..
BAB III PENUTUP.......................................................................................................... 27..
A. Kesimpulan....................................................................................................... 27..
B. Saran.................................................................................................................. 27..
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................... 28




PENDAHULUAN


  1. LATAR BELAKANG
Sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia memiliki akal dan pikiran. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan pikirannya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Di Negara-negara yang sedang berkembang, tentunya memerlukan begitu banyak hal  untuk mendukung perkembangan negara mereka. Negara-negara tersebut saling meningkatkan berbagai kemampuan mereka dalam segala aspek kehidupan masyarakat seperti pada aspek pertanian serta industri. Kemudian, selain itu mereka juga mengadakan investasi dalam aspek kesehatan masyarakat begitu pula dalam aspek pendidikan
Dan saat ini, segala aspek kehidupan tersebut telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan masyarakat dari masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat moderen, kemudian secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek Teknologi Informasi.


  1. RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan pengantar teknologi informatika?
2.      Apa yang dimaksud dengan system computer?
3.      Apa yang dimaksud dengan permasalahan pada system computer?
4.      Apa yang dimaksud dengan aplikasi dasar computer?
5.      Apa yang dimaksud dengan virus?
6.      Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer  dan  internet?
7.      Apa yang dimaksud dengan aplikasi dasar internet?
8.      Apa yang dimaksud dengan pembuatan blog?
9.       Apa yang dimaksud dengan E-media  untuk pembelajaran?
10.  Apa yang dimaksuh dengan E-Learning?
C.   TUJUAN
1.      Agar mahasiswa mengetahui apa pengantar teknologi informatika?
2.      Agar mahasiswa mengetahui apa system computer?
3.      Agar mahasiswa mengetahui apa permasalahan pada system computer?
4.      Agar mahasiswa mengetahui apa aplikasi dasar computer?
5.      Agar mahasiswa mengetahui apa virus?
6.      Agar mahasiswa mengetahui apa jaringan komputer  dan  internet?
7.      Agar mahasiswa mengetahui apa aplikasi dasar internet?
8.      Agar mahasiswa mengetahui apa pembuatan blog?
9.      Agar mahasiswa mengetahui apa E-media  untuk pembelajaran?
10.  Agar mahasiswa mengetahui apa E-Learning?





PEMBAHASAN


A.   Pengantar Teknologi Informasi

1.   Pengertian Teknologi Informasi (TI)
a.       TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi.
b.      Pengenalan Teknologi Informasi (cont.)
2.      Manfaat belajar  TIK :
a.       Menambah wawasan ilmu pengetahuan
b.      Berbagi data dan informasi dengan mudah
c.       Berkomunikasi dengan mudah dan jangkauan yang luas (melalui media facebook, twitter, yahoo, dll)
d.      Mencari berbagai informasi dunia
3.      PerlunyaTeknologiInformasi, karena:
a.       Kompleksitastugasmanajemen
b.      PengaruhgLobalisasi
c.       Perlunyaresponse time cepat
d.      Tekananpersainganbisnis

4.      Berikut adalah tujuan dari pembelajaran TIK anatara lain :
a.       Menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
b.      Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
c.       Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.
d.      Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
e.       Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.
5.      Karakteristik mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK adalah sebagai berikut :
a.       Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan kajian secara terpadu tentang data, informasi, pengolahan dan metode penyampainnya. Keterpaduan berarti masing-masing komponen saling terkait bukan merupakan bagian yang terpisah-pisah atau parsial
b.      Materi Teknologi Informasi dan komunikasi berupa tema-tema esensial, aktual dan global yang berkembang dalam kemajuan teknologi masa kini, sehingga mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan pelajaran yang dapat mewarnai perkembangan perilaku dalam kehidupan.
c.       Tema-tema esensial dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan perpaduan dari cabang-cabang ilmu komputer, matematik, teknik elektro, teknik elektronika, telekomunikasi, sibernetika dan informatika itu sendiri. Tema-tema esensial tersebut berkaitan dengan kebutuhan pokok akan informasi sebagai ciri abad 21 seperti pengolah kata, spreadsheet, presentasi, basis data, internet dan e-mail. Tema-tema esensial tersebut terkait dengan asfek kehidupan sehari-hari.





                               I.            Komputer terbagi menjadi tiga bagian yaitu:
1.      Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat keras merupakan komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan.Jika salah satu komponen tidak berfungsi maka akan mengakibatkan komputer tidak dapat berfungsi dengan baik.
2.      Software (Perangkat Lunak)
Perangkat lunak adalah program yang berisi intruksi untuk melakukan proses pengolahan data.
3.      Brainware (Perangkat pikir)
Brainware dikelompokkan menjadi 3, yaitu:
a)      Operator
b)      Programer
c)      System Analyst
                            II.            Perbedaan Komputer Antar Generasi
1)      Komputer generasi Pertama
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language).
2)      Komputer Generasi Kedua
Pada komputer generasi kedua ini ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
3)      Komputer Generasi Ketiga
Komputer generasi ketiga ini menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system).
4)      Komputer Generasi Keempat
Komputer-komputer yang disebut minikomputer, Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
5)      Komputer Generasi Kelima
Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.
                         III.            Jenis dan fungsi hardware komputer
1)      Input Device       :Berfungsi sebagai proses masuknya data yang akan di olah.
2)      Process Device :Berfungsi untuk mengolah perintah yang di terima dari unit input, prosesor, mengolah perintah-perintah.
3)      Output Device : Media yang berfungsi sebagai pengeluaran atau hasil dari data-data yag sudah diolah dalam prosesor dalam bentuk informasi.
                         IV.            Upgrade dari jenis-jenis hardware
A. Peralatan Input
1)   Keyboard
2)   Mouse
3)   Joystick
4)   Scanner
5)   Lightpen
B. Peralatan pemrosesan (Process device)
Otak pada sebuah komputer berada pada alat pemrosesan. Peralatan pemrosesan ini di namakan CPU (central processing unit). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya menghasilkan suatu informasi yang di perlukan.
1.      ALU (Arithmatic Logic Unit)
2.      CU ( Control Unit)
C. Peralatan proses (Process Storage)
1.      RAM (Random Acces Memory)
2.      ROM (Read Only Memory)
3.      Harddisk
4.      Motherboard
5.      VGA Card
6.      Sound Card
7.      Fan
D. Peralatan keluaran (output device)
1. Monitor,
2. Printer,
3. Plotter,
4. Speaker.


1.      Permasalahan pada hardware
a.    Komputer Sering Crash
Cara Mengatasinya : Cek semua posisi kabel, hardware, dan juga tegangan pada casing, cek suhu pada CPU dan juga cek ram, processor dan juga vga.
b.   Crash Setelah Memasang RAM Baru
Cara Mengatasinya : Kemungkinan ram yang anda pasang tidak kompatibel dengan komputer anda (cabut RAM tersebut).
c.    Setelah Menambah RAM Proses Komputer Manjadi Semakin Lambat
Cara Mengatasinya : Perhatikan batas kapasitas ram anda, misalnya ram jenis EDO batas maksimalnya adalah 64MB, maka ketika dipaksakan untuk ditambah maka komputer anda menjadi semakin lambat.
2.      Permasalahan pada software
a.       Sistem Operasi tidak dapat dijalankan
Solusi : Bila setelah PC dinyalakan muncul pesan "Invalid system disk. Replace the disk and then press any key", ini berarti bahwa sistem tidak lagi mengingat parameter untuk boot partition-nya. Kesalahan seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, bisa disebabkan oleh kerusakan hardware atau komputer Anda terserang virus.
b.      Windows tiba-tiba hang pada tampilan awal
Solusi : Anda harus menekan tombol reset. Lalu komputer akan berjalan kembali dan masuk ke boot menu. Secara default, sistem sudah diatur dalam "Safe Mode".
c.       Jam dan setting tanggal BIOS Selalu Berubah-Rubah
Solusi : Batteray cmos sudah tidak berfungsi (mati), ganti dengan batteray yang baru.
3.      Permasalahan pada pheriferal komputer
a.       Keyboard
Ada beberapa kerusakan yang kemungkinan terjadi pada keyboard yaitu:
1)      Keyboard tidak mau terdeteksi oleh PC
Solusi :
a)      Matikan kembali computer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke CPU.
b)      Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tetap.
c)      Jika computer dihidupkan kembali, dan pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan pertama adalah keyboardnya yang rusak.
d)     Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa keyboardnya yang rusak.
e)      Jika dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul, berarti bukan keyboard yang rusak. Tetapi bisa saja port keyboard di motherboard yang rusak.
2)      Tombol keyboard sering macet untuk ditekan
Solusi : Perlu dilakukan pembersian keyboard.
b.      Mouse
1)      Mouse tidak terdeteksi oleh PC
Solusi :
a)      Matikan computer. Cek apakah kabel mouse telah terpasang dengan benar. Jika perlu dilepas dan pasangkan kembali mouse tersebut untuk meyakinkan koneksinya. Pada saat melepas dan memasang mouse computer dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting.
b)      Setelah itu dihidupkan kembali computer.
2)      Cara Merawat Mouse Optik
Langkah yang perlu diambil sebagai berikut :
a)      Jangan terlalu keras saat menekan tombol mouse, karena dapat menyebabkan komponennya tidak tahan lama, jadi cepat rusak.
b)      Usahakan MousePad dan lingkungan sekitarnya kering.
c)      Periksa kaki-kaki mouse (biasaya bulet-bulet), jika ada kotoran bersihkan, karena dapat mengganggu gerakkan cursor.
c.       Monitor
Ada beberapa permasalahan yang terjadi pada monitor sebagai berikut :
1)      Monitor tidak mau menyala
Solusi :
a)      Pastikan bahwa tombol power dalam keadaan on.
b)      Jika lampu indicator tidak menyala, lihat kabel power baik pada monitor maupun yang kearah outlet. Pastikan bahwa pemasangan sudah benar.
c)      Apabila tetap tidak menyala, gantilag dengan kabel power lain.
d)     Jika lampu indicator pada monitor hidup dan berwarna orens atau berkedip-kedip, cek kabel video yang menghubungkan apakah sudah terpasang dengan baik dan benar.
2)      Monitor menjadi gelap saat loading windows
Solusi :
a)      Lakukan booting windows dalam keadaan safe mode dengan cara menekan F8 saat komputer loading windows.
b)      Lakukan instalasi ulang driver VGA (Video Graphics Array) card. Setelah itu pilih jenis monitor yang cocok yang akan menentukan frekuensi maksimal yang akan ditampilkan oleh windows.



1.      Microsoft Office
a)      Aplikasi Pengolah Kata, contohnya Microsoft Word.
Fungsi Microsoft Word  adalah sebagai Berikut:
1)      Untuk menyimpan dokumen dalam ukuran yang kecil dengan format yang beragam. Anda bisa mewarnai teks, menyisipkan gambar, dan lain-lain.
2)      Untuk menyimpan berbagai format. Misalnya format: .XML, .HTML, .RTF, .TXT, dan lain-lain
3)      Dengan Microsoft Word kita bisa memformat tulisan/dokumen kita beragam, misalnya cetak tebal, mewarnai, menyisipkan gambar, mengubah ukuran huruf, menyisipkan simbol, dan lain-lain.
b)      Aplikasi Pengolah Angka, contohnya Microsoft Excel.
Fungsi Ms. Excel :
1)      Mengurutkan data
2)      Menjumlah sub total dan grand total
3)      mengedit teks secara langsung di sel
c)      Aplikasi Pengolah Presentasi, contohnya Microsoft Powerpoint.
Fungsinya untuk membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksankan presentasi.
2.      Corel Draw
Corel draw adalah aplikasi design grafis yang digunakan untuk membuat berbagai macam design seperti logo, kartu nama, kalender, poster, stiker dan lain-lain yang terkenal dalam dunia digital.









1.      Berikut ini perkembangan virus secara singkat pada tahun ke tahun dimulai dari
a.       Tahun 1949 program dapat menggandakan diri sendiri diperkenalkan tetapi belum disebut virus.
b.      Tahun 1981 virus pertama yang menyerang system operasi Apple menyebar melalui game.
c.       Tahun  1986 virus yang dinamakan “Bootsector” yang menyerang komputer dengan nama virus “Brain” dan pada tahun ini pula virus menginfeksi fil.
d.      Tahun 2000 virus dapat menghapus mp3 dan mp4.
e.       Tahun 2002 pembuat virus “Word” tertangkap karena telah merugikan keungan di dunia.
f.       Tahun 2004  virus main menjadi-jadi dan penyebarannya pun semakin cepat.
g.      Dan sampai saat ini perkembangan virus masih pada tahap normal, karena semakin banyak virus semakin banyak pula perusahaan-perusahaan pembuat anti virus yang canggih.
2.      Jenis-jenis virus
a)      Virus Compiler
b)      Virus File
c)      Virus Sistem
d)     Virus Boot Sector
e)      Virus Dropper
f)       Virus Script/Batch
g)      Virus Macro
h)      Virus Polymorphic
i)        Virus Stealth
j)        Virus Companion
3.      Proses kerja virus dan penanggulangannya
a)      Beberapa Cara Penyebaran Virus
1)      Disket
2)      Jaringan ( LAN, WAN,dsb)
3)      WWW (internet)
4)      Software yang Freeware
5)      Attachment pada Email
b)      Cara penanggulangannya
1)      Gunakan Antivirus
2)      Apabila telah Terinfeksi. Deteksi dan tentukan dimanakah kira-kira sumber virus tersebut


a.       Pengertian Internet
Internet adalah suatu jaringan yang dapat terbentuk bila beberapa komputer pada satu atau lain lokasi geografis dihubungkan untuk memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer.
b.      Sejarah Internet
Sejarah Jaringan Komputer Dunia dimulai pada tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah beberapa komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berhubungan berkomunikasi membentuk sebuah jaringan.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat. Perkembangan besar pada internet selanjutnya adalah terbentuknya aplikasi World Wide Web yang lebih dikenal dengan WWW. Aplikasi ini dibentuk oleh tim Berners-Lee pada 1990.

c.       Istilah-Istilah Dalam Internet
1)      WWW (Word Wide Web)
2)      IP (Internet Protocol)
3)      DNS (Domain Name Service)
4)      Domain
5)      Firewall
6)      Login
7)      Attachment
8)      Log out
9)      Upload
10)  Online
11)  Off line
12)  Mailbox
13)  Spam
14)  Web side
15)  Wi-Fi
d.      Penggunaan Internet Dalam Bidang Pendidikan
1)      Manfaat internet bagi pelajar dan pendidikan antara lain sebagai berikut :
a)      Memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan kita.
b)      Sebagai sebuah sumber atau ilmu tambahan yang tidak diberikan di sekolah.
c)      Untuk melatih siswa menggunakan internet dan komputer, agar tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih.
2)      sisi negative dari penggunaan sebuah internet di kalangan pelajar :
a)      Gambling.
b)      Penyalahgunaan Internet Banking.
c)      Kecanduan Game Online.
d)     Penyalahgunaan Situs Jejaring Social (Social Network).



Jenis – jenis aplikasi dasar di internet dan fungsinya
a.       HTTP ( Hypertext Transfer Protocol)
Fungsinya : menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan dan tindakan apa dari web server dan browser untuk merespon berbagai perintah.
b.      E-mail
Fungsinya : E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
c.       E-Learning
Ada 3 (tiga) fungsi pembelajaran elektronik terhadap kegiatan pembelajaran di dalam kelas (Classroom instruction), yaitu sebagai suplemen yang sifatnya pilihan / optional, pelengkap (komplemen), atau pengganti (substitusi)
d.      World Wide Web (WWW)
Fungsinya :  menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.
e.       Facebook
Fungsi yang positif :
1)      Chatting dengan teman atau orang lain
2)      Menambah teman sebanyak-banyaknya
3)      Bisnis online
4)      Bermain game
Fungsi yang negatif :
1)      Menjadikan diri menjadi malas
2)      Kurang memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat
3)      Digunakan untuk modus kejahatan, penipuan dan penculikan

f.       Twitter
Fungsinya :
1)      Berkumpul dengan komunitas
2)      Mendapatkan info yang update
3)      Membangun personal brand
g.      Skype
Fungsinya yaitu untuk berkomunikasi secara tatap muka, menghemat biaya, efisien dan efektif dalam berkomunikasi dengan orang lain.


Langkah awal untuk membuat sebuah blog gratis adalah :
1.      Jika belum mempunyai gmail, terlebih dahulu membuat gmail


2.      Langkah selanjutnya isi data data diform yang disediakan, jangan lupa paling bawah klik Saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privacy google, setelah itu klik Langkah berikutnya lihat gambar dibawah.
3.      Selanjutnya, klik kirim kode Verifikasi. lihat lagi gambar dibawah ini


4.      sekarang cek ponsel anda, jika belum ada kode verifikasi dari google bisa dicoba lagi beberapa menit kemudian, gambar dibawah menggunakan modem, jadi kode verifikasinya langsung bisa di lihat dilayar laptop saya.


5.      Masukin  kode verifikasinya seperti dibawah ini


6.      Selamat datang di akun Gmail anda, lalu klik Lanjutkan ke Gmail


8.      Sampai disini proses pembuatan akun Gmail sudah berhasil, sekarang ketahap selanjutnya proses pembuatan blog. yaudah tanpa basa basi langsung buka tab baru di browser anda, atau bisa langsung menekan (ctrl + T) buka blogger.com tinggal isi email dan sandi yang sama seperti di akun Gmail tadi. lalu klik Masuk


selanjutnya pilih Opsi profil blogger sobat, jika hanya membuat blogger sebaiknya klik yg sebelah kanan. lalu klik lanjutkan ke blogger.




9.      Sampai tahap ini anda sudah sukses membuat akun blog, tahap selanjutnya silahkan lihat gambar dibawah ini untuk jelasnya. perhatikan baik baik tahap 1, 2, dan 3. sebelum ada tulisan This blog address is available berarti nama blog yang ingin sobat buat sudah ada yang memiliki, silahkan ganti dengan nama lain, atau untuk mudahnya bisa tambahkan angka dibelakang alamat blognya, lihat contoh yang saya lingkari pada nomer 2 dibawah. setelah itu klik create blog.




10.  Nah sekarang blog anda sudah jadi, lihat keterangan dibawah ini, angka 1 adalah Judul blog yang anda ciptakan pada tahap sebelumnya, lalu angka 2 adalah start posting. alias untuk memulai membuat artikel.




Media untuk pembelajaran sebagai berikut :
a.       Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabar, label surat, membuat tabel pada dokumen.
Fungsi Microsoft Word  adalah sebagai Berikut:
1)      Untuk menyimpan dokumen dalam ukuran yang kecil dengan format yang beragam. Anda bisa mewarnai teks, menyisipkan gambar, dan lain-lain.
2)      Untuk menyimpan berbagai format. Misalnya format: .XML, .HTML, .RTF, .TXT, dan lain-lain
3)      Memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas
4)      Menyimpan informasi-informasi yang penting
b.    Microsoft Excel 
Microsoft Excel adalah software aplikasi bagian dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah data angka, grafik, tabel dan perhitungan lain seperti aritmetika, statistika, logika.
Fungsi Ms. Excel :
1)      Mengurutkan data
2)      Menjumlah sub total dan grand total
3)      mengedit teks secara langsung di sel
4)      menjumlah secara otomatis dengan autosum
5)      membuat grafik secara cepat dan mudah denga fungsi chard wizard
6)      mencetak dengan proporsi bebas.
Menggunakan Fasilitas ini untuk berbagai kebutuhan, antara lain membuat tabel, laporan kuangan, penjualan, pembelian daftar gajih, grafik, dokumen, penghitung rumus, kegiatan statistik atau bahkan untuk menyusun berbagai laporan dalam berbagai kepentingan.
c.       Microsoft Powerpoin
Program perangkat lunak presentasi grafik berguna untuk membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksankan presentasi. Dengan menggunakan perangkat ini anda dapat dengan mudah membuat bahan presentasi yang disertai dengan gambar, grafik serta mencetaknya kedalam bentuk kertas atau plastik transparan apabila anda mengunakan perangkat lunak ini untuk melakukan presentasi dengan menghubungkan komputer ke proyektor  ,LCD dan menayangkan keluaran proyektor LCD ke layar presentasi banyak fitur lain yang dapat anda libatkan seperti menambahkan animasi saat terjadi pergantian slide dan bahkan anda bisa menyajikan film yang direkam dengan kamera video.
Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusunsebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akanmembantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikankarena Microsoft Power Point akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi,presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik,yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer.








Ada 3 (tiga) fungsi pembelajaran elektronik terhadap kegiatan pembelajaran di dalam kelas (Classroom instruction), yaitu sebagai suplemen yang sifatnya pilihan / optional, pelengkap (komplemen), atau pengganti (substitusi)
1.      Suplemen
Dikatakan berfungsi sebagai supplemen (tambahan), apabila peserta didikmempunyai kebebasan memilih, apakah akan memanfaatkan materi pembelajaran elektronik atau tidak. Dalam hal ini, tidak ada kewajiban /keharusan bagi peserta didik untuk mengakses materi pembelajaran elektronik. Sekalipun sifatnya opsional, peserta didik yang memanfaatkannya tentu akan memiliki tambahan pengetahuan atau wawasan.
2.      Komplemen (Tambahan)
Dikatakan berfungsi sebagai komplemen (pelangkap) apabila materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk melangkapi materi pembelajaran yang diterima siswa di dalam kelas (Lewis, 2002). Sebagai Komplemen berarti materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk menjadi materi reinforcement (pengayaan) atau remedial bagi peserta didik di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional. Materi pembelajaran elektronik dikatakan sebagai enrichment, apabila kepada peserta didik yang dapat dengan cepat menguasai / memahami materi pelajaran yang disampaikan guru secara tatap muka (fast leaners) diberikan kesempatan untuk mengakses materi pembelajaran elektronik yang memang secara khusus dikembangkan untuk mereka. Tujuannya agar semakin memantapkan tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran yang disajikan guru didalam kelas. Dikatakan sebagai program remedial, apabila kepada peserta didik yang mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang disajikan guru secara tatap muka di kelas(Slow  learners) diberikan kesempatan untuk memanfaatkan materi pembelajaran elektronik yang memang secara khusus dirancang untuk mereka.
3.      Pengganti (Substitusi)
Beberapa perguruan tinggi di Negara-negara maju memberikan beberapa alternatif model kegiatan pembelajaran / perkuliahan kepada para mahasiswanya. Tujuannya agar para mahasiswa dapat secara fleksibel mengelola kegiatan perkuliahannya sesuai dengan waktu dan aktivitas lain sehari-hari mahasiswa.

Keuntungan menggunakan E-Learning adalah sebagai berikut :
a)      Menghemat waktu proses belajar mengajar.
b)      Mengurangi biaya perjalanan.
c)      Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku).
d)     Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas.
e)      Melatih pembelajaran lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

Kekurangan Pemanfaatan internet untuk pembelajaran atau e-learning juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan. antara lain :
a)      Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu  sendiri.
b)      Proses belajar dan mengajarnya cenderung kearah pelatihan daripada pendidikan.Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal, tidak semua tempat tersedia fasilitas internet


PENUTUP


A.   Kesimpulan
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan, Perkembangan Teknologi memang sangat diperlukan.Kita sangat sadar sekali bahwa kemajuan teknologi saat ini banayak memberikan manfaat yang begitu besar bagi kehidupan manusia dalam berbagai bidang, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan lain sebagainya.
B.   Saran
Saran yang dapat disampaikan adalah pemamfaatan kemajuan teknologi komputer dengan arif dan bijaksana





Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, SMK N 1 Pundung.2004.Melakukan Pebaikan Periferal.Yogyakarta.


0 comments:

Post a Comment