Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa sehingga makalah
yang berjudul “Makalah Ringkasan Materi Teknologi Informasi
dan Komunikasi”. Akhirnya sudah sampai
pada hasil yang saya harapkan.
Semoga
makalah ini dapat
bermanfaat bagi yang membacanya.
Tidak lupa kami ucapkan terimakasih
kepada pihak – pihak yang telah banyak membant
umenyempurnaka nmakalah yang berjudul “Makalah Ringkasan Materi Teknologi Informasi
dan Komunikasi” ini.
Makalah
ini masih jauh
dari kesempurnaan, oleh karena
itu untuk kritik
dan sarannya sangat
di harapkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat
bagi para pembaca dan saya ucapkan
mohon maaf apabila
dalam pembuatan makalah ini ada kata yang tidak di harapkan atau tidak berkenan
bagi pembaca .
KEBUMEN , 23 Desember 2013
Penulis
HALAMAN
JUDUL............................................................................................................. 1
KATA
PENGANTAR.......................................................................................................... 2
DAFTAR
ISI......................................................................................................................... 3
BAB
I PENDAHULUAN.................................................................................................. 4
A. Latar Belakang.......................................................................................................... 4
B. Perumusan Masalah................................................................................................... 5
C. Tujuan........................................................................................................................ 5
BAB
II PEMBAHASAN................................................................................................... 6
A.
Pengantar Teknologi Informatika....................................................................... 6..
B.
Sistem Komputer................................................................................................. 8..
C.
Permasalahan Pada Sistem Komputer............................................................... 10
D.
Aplikasi Dasar Komputer.................................................................................. 13..
E.
Virus.................................................................................................................. 14..
F.
Jaringan Komputer Dan Internet....................................................................... 15
G.
Aplikasi Dasar Internet..................................................................................... 17..
H.
Pembuatan Blog................................................................................................ 18..
I.
E-Media Untuk Pembelajaran............................................................................ 23..
J.
E-Learning.......................................................................................................... 25..
BAB
III PENUTUP.......................................................................................................... 27..
A.
Kesimpulan....................................................................................................... 27..
B.
Saran.................................................................................................................. 27..
DAFTAR
PUSTAKA....................................................................................................... 28
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi.
Seseorang menggunakan teknologi karena manusia memiliki akal dan pikiran.
Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman
dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan
akalnya dan pikirannya untuk menyelesaikan setiap masalah yang
dihadapinya.
Di Negara-negara yang sedang berkembang, tentunya memerlukan begitu banyak
hal untuk mendukung perkembangan negara mereka. Negara-negara tersebut
saling meningkatkan berbagai kemampuan mereka dalam segala aspek kehidupan
masyarakat seperti pada aspek pertanian serta industri. Kemudian, selain itu
mereka juga mengadakan investasi dalam aspek kesehatan masyarakat begitu pula
dalam aspek pendidikan
Dan saat ini, segala aspek kehidupan tersebut telah mampu berkembang dengan
pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan masyarakat
dari masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat moderen, kemudian secara
otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi.
Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek
Teknologi Informasi.
- RUMUSAN MASALAH
1.
Apa
yang dimaksud dengan pengantar
teknologi informatika?
2.
Apa
yang dimaksud dengan system computer?
3.
Apa
yang dimaksud dengan permasalahan
pada system computer?
4.
Apa
yang dimaksud dengan aplikasi
dasar computer?
5.
Apa
yang dimaksud dengan virus?
6.
Apa
yang dimaksud dengan jaringan
komputer dan internet?
7.
Apa
yang dimaksud dengan aplikasi dasar internet?
8.
Apa
yang dimaksud dengan pembuatan blog?
9.
Apa yang dimaksud dengan E-media untuk
pembelajaran?
10. Apa yang dimaksuh dengan E-Learning?
C.
TUJUAN
1.
Agar
mahasiswa mengetahui apa pengantar
teknologi informatika?
2.
Agar
mahasiswa mengetahui apa system computer?
3.
Agar
mahasiswa mengetahui apa permasalahan
pada system computer?
4.
Agar
mahasiswa mengetahui apa aplikasi
dasar computer?
5.
Agar
mahasiswa mengetahui apa virus?
6.
Agar
mahasiswa mengetahui apa jaringan
komputer dan internet?
7.
Agar
mahasiswa mengetahui apa aplikasi dasar internet?
8.
Agar
mahasiswa mengetahui apa pembuatan blog?
9.
Agar
mahasiswa mengetahui apa E-media untuk
pembelajaran?
10. Agar mahasiswa mengetahui apa E-Learning?
PEMBAHASAN
1. Pengertian Teknologi Informasi (TI)
a. TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan
yang digunakan
dalam pembentukan,
penyimpanan, dan penyebaran informasi.
b. Pengenalan Teknologi Informasi
(cont.)
2. Manfaat belajar TIK
:
a. Menambah wawasan ilmu pengetahuan
b. Berbagi data dan informasi dengan mudah
c. Berkomunikasi dengan mudah dan jangkauan yang luas (melalui media
facebook, twitter, yahoo, dll)
d. Mencari berbagai informasi dunia
3. PerlunyaTeknologiInformasi, karena:
a. Kompleksitastugasmanajemen
c. Perlunyaresponse
time cepat
d. Tekananpersainganbisnis
4.
Berikut
adalah tujuan dari pembelajaran TIK anatara lain :
a.
Menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan
mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
b.
Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi
perkembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan
sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
c.
Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi
untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam
kehidupan sehari hari.
d.
Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses
pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil
dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa
bekerjasama.
e.
Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif,
dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.
5. Karakteristik mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK
adalah sebagai berikut :
a. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan kajian secara terpadu
tentang data, informasi, pengolahan dan metode penyampainnya. Keterpaduan
berarti masing-masing komponen saling terkait bukan merupakan bagian yang
terpisah-pisah atau parsial
b. Materi Teknologi Informasi dan komunikasi berupa tema-tema esensial,
aktual dan global yang berkembang dalam kemajuan teknologi masa kini, sehingga
mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan pelajaran yang
dapat mewarnai perkembangan perilaku dalam kehidupan.
c. Tema-tema esensial dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan
perpaduan dari cabang-cabang ilmu komputer, matematik, teknik elektro, teknik
elektronika, telekomunikasi, sibernetika dan informatika itu sendiri. Tema-tema
esensial tersebut berkaitan dengan kebutuhan pokok akan informasi sebagai ciri
abad 21 seperti pengolah kata, spreadsheet, presentasi, basis data, internet
dan e-mail. Tema-tema esensial tersebut terkait dengan asfek kehidupan
sehari-hari.
I.
Komputer terbagi menjadi tiga bagian yaitu:
1. Hardware (Perangkat
Keras)
Perangkat
keras merupakan komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu
kesatuan.Jika salah satu komponen tidak berfungsi maka akan mengakibatkan
komputer tidak dapat berfungsi dengan baik.
2. Software
(Perangkat Lunak)
Perangkat
lunak adalah program yang berisi intruksi untuk melakukan proses pengolahan
data.
3. Brainware
(Perangkat pikir)
Brainware dikelompokkan menjadi 3,
yaitu:
a) Operator
b) Programer
c) System Analyst
II.
Perbedaan Komputer Antar Generasi
1) Komputer generasi Pertama
Komputer
Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat
secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program
kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language).
2)
Komputer
Generasi Kedua
Pada
komputer generasi kedua ini ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Komputer
generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.
3)
Komputer
Generasi Ketiga
Komputer
generasi ketiga ini menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat
dipadatkan dalam chip. Kemajuan lainnya adalah penggunaan sistem operasi
(operating system).
4)
Komputer
Generasi Keempat
Komputer-komputer
yang disebut minikomputer, Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang
lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer)
menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau
bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
5)
Komputer
Generasi Kelima
Beberapa
komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.
III.
Jenis dan fungsi hardware komputer
1) Input Device :Berfungsi sebagai
proses masuknya data yang akan di olah.
2) Process Device :Berfungsi untuk mengolah
perintah yang di terima dari unit input, prosesor, mengolah perintah-perintah.
3) Output Device : Media yang berfungsi sebagai pengeluaran atau hasil dari data-data
yag sudah diolah dalam prosesor dalam bentuk informasi.
IV.
Upgrade dari jenis-jenis hardware
A.
Peralatan Input
1) Keyboard
2) Mouse
3) Joystick
4) Scanner
5) Lightpen
B.
Peralatan pemrosesan (Process device)
Otak pada sebuah
komputer berada pada alat pemrosesan. Peralatan pemrosesan ini di namakan CPU
(central processing unit). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data
yang selanjutnya menghasilkan suatu informasi yang di perlukan.
1. ALU (Arithmatic Logic Unit)
2. CU ( Control Unit)
C.
Peralatan proses (Process Storage)
1. RAM (Random Acces Memory)
2. ROM (Read Only Memory)
3. Harddisk
4. Motherboard
5. VGA Card
6. Sound Card
7. Fan
D. Peralatan
keluaran (output device)
1.
Monitor,
2.
Printer,
3.
Plotter,
4.
Speaker.
1. Permasalahan pada hardware
a. Komputer Sering Crash
Cara Mengatasinya : Cek semua posisi
kabel, hardware, dan juga tegangan pada casing, cek suhu pada CPU dan juga cek
ram, processor dan juga vga.
b. Crash Setelah Memasang RAM Baru
Cara Mengatasinya : Kemungkinan ram
yang anda pasang tidak kompatibel dengan komputer anda (cabut RAM tersebut).
c. Setelah Menambah RAM Proses Komputer Manjadi Semakin
Lambat
Cara Mengatasinya : Perhatikan batas
kapasitas ram anda, misalnya ram jenis EDO batas maksimalnya adalah 64MB, maka
ketika dipaksakan untuk ditambah maka komputer anda menjadi semakin lambat.
2. Permasalahan pada software
a. Sistem Operasi tidak dapat dijalankan
Solusi : Bila
setelah PC dinyalakan muncul pesan "Invalid system disk. Replace the disk
and then press any key", ini berarti bahwa sistem tidak lagi mengingat
parameter untuk boot partition-nya. Kesalahan seperti ini bisa disebabkan oleh
beberapa hal. Pertama, bisa disebabkan oleh kerusakan hardware atau komputer
Anda terserang virus.
b.
Windows
tiba-tiba hang pada tampilan awal
Solusi
: Anda harus menekan tombol reset. Lalu komputer akan berjalan kembali dan
masuk ke boot menu. Secara default, sistem sudah diatur dalam "Safe
Mode".
c. Jam dan setting tanggal BIOS Selalu Berubah-Rubah
Solusi : Batteray cmos sudah tidak
berfungsi (mati), ganti dengan batteray yang baru.
3. Permasalahan pada pheriferal komputer
a. Keyboard
Ada beberapa kerusakan yang
kemungkinan terjadi pada keyboard yaitu:
1) Keyboard tidak mau terdeteksi oleh PC
Solusi
:
a) Matikan kembali computer dan cek apakah
kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke CPU.
b) Jika perlu lepas dan tancapkan kembali
kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tetap.
c) Jika computer dihidupkan kembali, dan
pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan pertama adalah keyboardnya yang
rusak.
d) Coba dengan keyboard yang lain untuk
memastikan bahwa keyboardnya yang rusak.
e) Jika dengan mengganti keyboard pesan
kesalahan masih tetap muncul, berarti bukan keyboard yang rusak. Tetapi bisa
saja port keyboard di motherboard yang rusak.
2) Tombol keyboard sering macet untuk
ditekan
Solusi
: Perlu dilakukan pembersian keyboard.
b. Mouse
1) Mouse tidak terdeteksi oleh PC
Solusi
:
a) Matikan computer. Cek apakah kabel mouse
telah terpasang dengan benar. Jika perlu dilepas dan pasangkan kembali mouse
tersebut untuk meyakinkan koneksinya. Pada saat melepas dan memasang mouse
computer dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting.
b) Setelah itu dihidupkan kembali computer.
2)
Cara Merawat
Mouse Optik
Langkah yang perlu diambil sebagai berikut :
a) Jangan terlalu
keras saat menekan tombol mouse, karena dapat menyebabkan komponennya tidak
tahan lama, jadi cepat rusak.
b) Usahakan
MousePad dan lingkungan sekitarnya kering.
c)
Periksa kaki-kaki mouse (biasaya
bulet-bulet), jika ada kotoran bersihkan, karena dapat mengganggu gerakkan
cursor.
c. Monitor
Ada beberapa permasalahan yang terjadi
pada monitor sebagai berikut :
1) Monitor tidak mau menyala
Solusi
:
a) Pastikan bahwa tombol power dalam
keadaan on.
b) Jika lampu indicator tidak menyala,
lihat kabel power baik pada monitor maupun yang kearah outlet. Pastikan bahwa
pemasangan sudah benar.
c) Apabila tetap tidak menyala, gantilag
dengan kabel power lain.
d) Jika lampu indicator pada monitor hidup
dan berwarna orens atau berkedip-kedip, cek kabel video yang menghubungkan
apakah sudah terpasang dengan baik dan benar.
2) Monitor menjadi gelap saat loading
windows
Solusi
:
a) Lakukan booting windows dalam keadaan
safe mode dengan cara menekan F8 saat komputer loading windows.
b) Lakukan instalasi ulang driver VGA
(Video Graphics Array) card. Setelah itu pilih jenis monitor yang cocok yang
akan menentukan frekuensi maksimal yang akan ditampilkan oleh windows.
1. Microsoft Office
a)
Aplikasi Pengolah Kata, contohnya Microsoft Word.
Fungsi Microsoft
Word adalah sebagai Berikut:
1)
Untuk menyimpan dokumen dalam ukuran yang kecil dengan format
yang beragam. Anda bisa mewarnai teks, menyisipkan gambar, dan lain-lain.
2)
Untuk menyimpan berbagai format. Misalnya format: .XML,
.HTML, .RTF, .TXT, dan lain-lain
3)
Dengan Microsoft Word kita bisa memformat tulisan/dokumen
kita beragam, misalnya cetak tebal, mewarnai, menyisipkan gambar, mengubah
ukuran huruf, menyisipkan simbol, dan lain-lain.
b)
Aplikasi Pengolah Angka, contohnya Microsoft Excel.
Fungsi Ms. Excel
:
1) Mengurutkan data
2) Menjumlah sub total dan grand total
3) mengedit teks secara langsung di sel
c)
Aplikasi Pengolah Presentasi, contohnya Microsoft Powerpoint.
Fungsinya untuk
membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksankan presentasi.
2.
Corel Draw
Corel
draw adalah aplikasi design grafis yang digunakan untuk membuat berbagai macam
design seperti logo, kartu nama, kalender, poster, stiker dan lain-lain yang
terkenal dalam dunia digital.
1. Berikut ini perkembangan virus secara
singkat pada tahun ke tahun dimulai dari
a. Tahun 1949 program dapat menggandakan
diri sendiri diperkenalkan tetapi belum disebut virus.
b. Tahun 1981 virus pertama yang menyerang
system operasi Apple menyebar melalui game.
c. Tahun
1986 virus yang dinamakan “Bootsector” yang menyerang komputer dengan
nama virus “Brain” dan pada tahun ini pula virus menginfeksi fil.
d. Tahun 2000 virus dapat menghapus mp3 dan
mp4.
e. Tahun 2002 pembuat virus “Word”
tertangkap karena telah merugikan keungan di dunia.
f. Tahun 2004 virus main menjadi-jadi dan penyebarannya pun
semakin cepat.
g. Dan sampai saat ini perkembangan virus
masih pada tahap normal, karena semakin banyak virus semakin banyak pula
perusahaan-perusahaan pembuat anti virus yang canggih.
2. Jenis-jenis virus
a) Virus
Compiler
b) Virus
File
c) Virus
Sistem
d) Virus
Boot Sector
e) Virus
Dropper
f) Virus
Script/Batch
g) Virus
Macro
h) Virus
Polymorphic
i)
Virus Stealth
j)
Virus Companion
3. Proses kerja virus dan penanggulangannya
a) Beberapa Cara Penyebaran Virus
1)
Disket
2)
Jaringan ( LAN, WAN,dsb)
3)
WWW (internet)
4)
Software yang Freeware
5)
Attachment pada Email
b) Cara penanggulangannya
1)
Gunakan Antivirus
2)
Apabila telah Terinfeksi. Deteksi dan tentukan dimanakah
kira-kira sumber virus tersebut
a.
Pengertian Internet
Internet adalah suatu jaringan
yang dapat terbentuk bila beberapa komputer pada satu atau lain lokasi geografis
dihubungkan untuk memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer.
b. Sejarah
Internet
Sejarah
Jaringan Komputer Dunia dimulai pada tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan
Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan
untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah
komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan
nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah beberapa komputer yang berhasil
dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berhubungan
berkomunikasi membentuk sebuah jaringan.
Untuk
menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS. Komputer
yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.Pada
1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat. Perkembangan besar pada internet
selanjutnya adalah terbentuknya aplikasi World Wide Web yang lebih dikenal
dengan WWW. Aplikasi ini dibentuk oleh tim Berners-Lee pada 1990.
c. Istilah-Istilah
Dalam Internet
1) WWW
(Word Wide Web)
2) IP
(Internet Protocol)
3) DNS
(Domain Name Service)
4) Domain
5) Firewall
6) Login
7) Attachment
8) Log
out
9) Upload
10) Online
11) Off
line
12) Mailbox
13) Spam
14) Web
side
15) Wi-Fi
d. Penggunaan
Internet Dalam Bidang Pendidikan
1) Manfaat
internet bagi pelajar dan pendidikan antara lain sebagai berikut :
a) Memperluas
wawasan dan ilmu pengetahuan kita.
b) Sebagai
sebuah sumber atau ilmu tambahan yang tidak diberikan di sekolah.
c) Untuk
melatih siswa menggunakan internet dan komputer, agar tidak tertinggal oleh
perkembangan teknologi yang semakin canggih.
2) sisi
negative dari penggunaan sebuah internet di kalangan pelajar :
a) Gambling.
b) Penyalahgunaan
Internet Banking.
c) Kecanduan
Game Online.
d) Penyalahgunaan
Situs Jejaring Social (Social Network).
Jenis – jenis aplikasi dasar di
internet dan fungsinya
a.
HTTP (
Hypertext Transfer Protocol)
Fungsinya : menetapkan bagaimana pesan diformat dan
ditransmisikan dan tindakan apa dari web server dan browser untuk merespon
berbagai perintah.
b.
E-mail
Fungsinya : E-mail dapat menghubungkan kita dengan
siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa
lokal.
c.
E-Learning
Ada 3 (tiga) fungsi pembelajaran elektronik terhadap
kegiatan pembelajaran di dalam kelas (Classroom instruction), yaitu sebagai
suplemen yang sifatnya pilihan / optional, pelengkap (komplemen), atau
pengganti (substitusi)
d.
World Wide
Web (WWW)
Fungsinya : menyediakan
data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.
e.
Facebook
Fungsi yang positif :
1)
Chatting
dengan teman atau orang lain
2)
Menambah
teman sebanyak-banyaknya
3)
Bisnis
online
4)
Bermain game
Fungsi yang negatif :
1)
Menjadikan
diri menjadi malas
2)
Kurang
memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat
3)
Digunakan untuk
modus kejahatan, penipuan dan penculikan
f.
Twitter
Fungsinya :
1)
Berkumpul
dengan komunitas
2)
Mendapatkan
info yang update
3)
Membangun
personal brand
g.
Skype
Fungsinya yaitu untuk berkomunikasi secara tatap muka,
menghemat biaya, efisien dan efektif dalam berkomunikasi dengan orang lain.
Langkah awal untuk membuat sebuah blog gratis adalah :
1. Jika belum mempunyai gmail, terlebih
dahulu membuat gmail
2.
Langkah selanjutnya isi data data diform yang disediakan, jangan lupa
paling bawah klik Saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privacy google,
setelah itu klik Langkah berikutnya lihat gambar dibawah.
3.
Selanjutnya, klik kirim kode Verifikasi. lihat lagi gambar dibawah ini
4.
sekarang cek ponsel anda, jika belum ada kode verifikasi dari google bisa
dicoba lagi beberapa menit kemudian, gambar dibawah menggunakan modem, jadi
kode verifikasinya langsung bisa di lihat dilayar laptop saya.
5.
Masukin kode verifikasinya seperti
dibawah ini
6.
Selamat datang di akun Gmail anda, lalu klik Lanjutkan ke Gmail
8.
Sampai disini proses pembuatan akun Gmail sudah berhasil, sekarang ketahap
selanjutnya proses pembuatan blog. yaudah tanpa basa basi langsung buka tab
baru di browser anda, atau bisa langsung menekan (ctrl + T) buka blogger.com tinggal isi email dan sandi yang sama seperti di akun Gmail tadi. lalu
klik Masuk
selanjutnya pilih Opsi profil blogger sobat, jika hanya membuat blogger
sebaiknya klik yg sebelah kanan. lalu klik lanjutkan ke blogger.
9.
Sampai tahap ini anda sudah sukses membuat akun blog, tahap selanjutnya
silahkan lihat gambar dibawah ini untuk jelasnya. perhatikan baik baik tahap 1,
2, dan 3. sebelum ada tulisan This
blog address is available berarti nama blog yang ingin sobat buat
sudah ada yang memiliki, silahkan ganti dengan nama lain, atau untuk mudahnya bisa
tambahkan angka dibelakang alamat blognya, lihat contoh yang saya lingkari pada
nomer 2 dibawah. setelah itu klik create blog.
10.
Nah sekarang blog anda sudah jadi, lihat keterangan dibawah ini, angka 1
adalah Judul blog yang anda ciptakan pada tahap sebelumnya, lalu angka 2 adalah
start posting. alias untuk memulai membuat artikel.
Media untuk pembelajaran sebagai
berikut :
a. Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi
pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat
laporan, dokumen berbentuk surat kabar, label surat, membuat tabel pada
dokumen.
Fungsi Microsoft Word adalah sebagai Berikut:
1)
Untuk menyimpan dokumen dalam ukuran yang kecil dengan
format yang beragam. Anda bisa mewarnai teks, menyisipkan gambar, dan
lain-lain.
2)
Untuk menyimpan berbagai format. Misalnya format:
.XML, .HTML, .RTF, .TXT, dan lain-lain
3)
Memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas
4)
Menyimpan informasi-informasi yang penting
b.
Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah software aplikasi
bagian dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah data angka, grafik, tabel dan perhitungan lain seperti
aritmetika, statistika, logika.
Fungsi Ms. Excel :
1)
Mengurutkan
data
2)
Menjumlah sub
total dan grand total
3)
mengedit teks
secara langsung di sel
4)
menjumlah
secara otomatis dengan autosum
5)
membuat
grafik secara cepat dan mudah denga fungsi chard wizard
6)
mencetak
dengan proporsi bebas.
Menggunakan Fasilitas ini untuk berbagai kebutuhan, antara lain membuat
tabel, laporan kuangan, penjualan, pembelian daftar gajih, grafik, dokumen,
penghitung rumus, kegiatan statistik atau bahkan untuk menyusun berbagai
laporan dalam berbagai kepentingan.
c.
Microsoft
Powerpoin
Program perangkat lunak presentasi grafik berguna
untuk membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksankan presentasi.
Dengan menggunakan perangkat ini anda dapat dengan mudah membuat bahan
presentasi yang disertai dengan gambar, grafik serta mencetaknya kedalam bentuk
kertas atau plastik transparan apabila anda mengunakan perangkat lunak ini
untuk melakukan presentasi dengan menghubungkan komputer ke proyektor ,LCD dan menayangkan keluaran proyektor LCD
ke layar presentasi banyak fitur lain yang dapat anda libatkan seperti
menambahkan animasi saat terjadi pergantian slide dan bahkan anda bisa
menyajikan film yang direkam dengan kamera video.
Microsoft
Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusunsebuah
presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point
akanmembantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika
dipresentasikankarena Microsoft Power Point akan membantu dalam pembuatan
slide, outline presentasi,presentasi elektronika, menampilkan slide yang
dinamis, termasuk clip art yang menarik,yang semuanya itu mudah ditampilkan di
layar monitor komputer.
Ada 3 (tiga) fungsi pembelajaran
elektronik terhadap kegiatan pembelajaran di dalam kelas (Classroom
instruction), yaitu sebagai suplemen yang sifatnya pilihan / optional, pelengkap
(komplemen), atau pengganti (substitusi)
1.
Suplemen
Dikatakan berfungsi sebagai
supplemen (tambahan), apabila peserta didikmempunyai kebebasan memilih, apakah
akan memanfaatkan materi pembelajaran elektronik atau tidak. Dalam hal ini,
tidak ada kewajiban /keharusan bagi peserta didik untuk mengakses materi
pembelajaran elektronik. Sekalipun sifatnya opsional, peserta didik yang
memanfaatkannya tentu akan memiliki tambahan pengetahuan atau wawasan.
2.
Komplemen
(Tambahan)
Dikatakan berfungsi sebagai
komplemen (pelangkap) apabila materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk
melangkapi materi pembelajaran yang diterima siswa di dalam kelas (Lewis,
2002). Sebagai Komplemen berarti materi pembelajaran elektronik diprogramkan
untuk menjadi materi reinforcement (pengayaan) atau remedial bagi peserta didik
di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional. Materi pembelajaran
elektronik dikatakan sebagai enrichment, apabila kepada peserta didik yang
dapat dengan cepat menguasai / memahami materi pelajaran yang disampaikan guru
secara tatap muka (fast leaners) diberikan kesempatan untuk mengakses materi
pembelajaran elektronik yang memang secara khusus dikembangkan untuk mereka.
Tujuannya agar semakin memantapkan tingkat penguasaan peserta didik terhadap
materi pelajaran yang disajikan guru didalam kelas. Dikatakan sebagai program
remedial, apabila kepada peserta didik yang mengalami kesulitan memahami materi
pelajaran yang disajikan guru secara tatap muka di kelas(Slow learners) diberikan kesempatan untuk
memanfaatkan materi pembelajaran elektronik yang memang secara khusus dirancang
untuk mereka.
3.
Pengganti
(Substitusi)
Beberapa perguruan tinggi di
Negara-negara maju memberikan beberapa alternatif model kegiatan pembelajaran /
perkuliahan kepada para mahasiswanya. Tujuannya agar para mahasiswa dapat
secara fleksibel mengelola kegiatan perkuliahannya sesuai dengan waktu dan
aktivitas lain sehari-hari mahasiswa.
Keuntungan menggunakan E-Learning
adalah sebagai berikut :
a)
Menghemat
waktu proses belajar mengajar.
b)
Mengurangi
biaya perjalanan.
c)
Menghemat
biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku).
d)
Menjangkau
wilayah geografis yang lebih luas.
e)
Melatih
pembelajaran lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.
Kekurangan Pemanfaatan internet untuk pembelajaran
atau e-learning juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan. antara lain :
a)
Kurangnya
interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu sendiri.
b)
Proses
belajar dan mengajarnya cenderung kearah pelatihan daripada pendidikan.Siswa
yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal, tidak semua
tempat tersedia fasilitas internet
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kemajuan
teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini,
karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan Ilmu
Pengetahuan, Perkembangan Teknologi memang sangat diperlukan.Kita sangat sadar
sekali bahwa kemajuan teknologi saat ini banayak memberikan manfaat yang begitu
besar bagi kehidupan manusia dalam berbagai bidang, baik dalam bidang
pendidikan, ekonomi, sosial, dan lain sebagainya.
B.
Saran
Saran yang
dapat disampaikan adalah pemamfaatan kemajuan teknologi komputer dengan arif
dan bijaksana
http://www.dark-devilz.com/2012/03/beberapa-masalah-komputer-dan-solusinya.html#ixzz0c9A477UQ
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4647475
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4647475
Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, SMK N 1
Pundung.2004.Melakukan Pebaikan
Periferal.Yogyakarta.
0 comments:
Post a Comment